Aku Bermimpi

Sadar dan nanar
Dahulu hingga kini
Entah berapa banyak asa
Mungkin masih ratusan
Karenanya masih tak seberapa yang membumi

Jatah gagalku masih bisa dihitung jari
Kelembaman terlalu mengakar
Kurang bergumul dengan peluh
Tanda pengerdilan diri
Dasar manja.

Time Ate Me

Apa lagi-lagi diri ini masih futur? Domba yang tersesat?

offended-12320fd23b3cb9fa178f177c622bd587

Kalo pas flashback atau cem merenungi agenda harian makin sini makin sering ngerasa downs-nya dibanding ups-nya, such a big no no bgt selagi kepala 2 gini di umur-umurannya ngeksplore. Kudunya lebih banyak ups yang mungkin hasil olah pikir (manipulasi) dari si downs, optimis atau being positive in other words. Kalo inget dulu bisa gini, bisa gitu juga, bisa ups terus. Kok akhir-akhir ini kebalik mulu. Baca-baca atau nyari booster tapi kaya ga berhasil ae, buka tulisan sendiri sampe ngerasa kesindir. Nyoba ngaplikasiin lagi dan ngulangi plan+wacana jaman jebot eh rasanya buerat. Berasa jadi pribadi yang mongtok kaya para sosok lalu yang aku berprasangka-kan terhadapnya.

Akhirrrnya, bulat sudah jawabannya. Am lacking of self discipline, really. Life is full of ups and downs, because it is real life not daydreaming. Waking up is the first aid, because it means we’re not zombie. Kalo lagi jadi zombi ngikut terus sama rutinitas yang ada karena lingkungan dan kondisi, sibuk aktif di hal-hal tapi ga produktif buat diri sendiri. Itu kenapa dari awal milih lingkungan adalah kunci, seperti apa lingkungan kita itulah kita. Supaya jadi ikan laut yang ga asin walaupun air laut itu auasin, self discipline jawabannya. Kata Cambridge dictionary:

Screenshot_20170731-152335.jpg

Meski 20an itu umur-umurannya asik ngeksplor, sisi egois (yang sewajarnya) untuk serius di pengembangan diri adalah kebutuhan utama. Pengembangan terkait skill, pengalaman wirausaha, dan yang ga kalah penting nyiapin bekel amal. Kalo ga punya self discipline, wacana pengembangan diri bakal terus jadi wacana yang kekal sampe umur kematengan lewat dari setengah abad kalo masih ada rezeki hidup.

Justru dengan fokeus ber-self discipline nyiapin bekel amal yang berarti ga cuma inget dunia, biasanya ampuh buat disiplin di lain-lain. Karena semenit kemudian aja udah ada arahnya mau ngapain, happy hour-nya aja terarah, lama-lama bukan cuma hour aja tapi emang hidup bahagia. Positif ngadepin setiap hal dan maknai pelajarannya dengan ga buang waktu buat berprasangka sama orang lain. Karena waktu juga akan habis dipake buat ngurus diri sendiri yang maunya banyak banget.

Tapi kita si manusia sosial ini pasti sedikit banyak akan turut mikirin yang bukan urusannya secara langsung. Hal yang terdekat, tentang ibu pertiwi 馃槶
Banyak opini dan fakta tentang rumah kita, salah satunya coba baca ini worth to read:
https://www.quora.com/Why-is-Indonesia-underdeveloped/answer/Jane-Johnson-63?srid=BXhL&share=ffdd1f35

I don’t want time keep eating me. And you?

Pasca 乇賲囟丕賳

Udah hari ke 26 aja di Bulan Syawal ini, ucapan semacam lahir batin udah makin samar karena orang-orang udah pada saling temu di berbagai urusannya yang sangat udah kembali beroperasi normal. Maka, apa kabar amal yaumi?

Baru mau lewat sebulan dari Ramadan aja kerasa the struggle is real (“:
Apa kabar 10 bulan lagi?
Memulainya aja udah syulit, apalagi istiqamahnya tapi lebih apalagi yang sempet futur dan bangkit kembali.

Continue reading

Minder

Adalah rasa yang bisa dialami ketika merasa diri ini kurang layak diapresiasi, baik oleh diri sendiri terlebih oleh orang lain. Jika pada porsinya sebagai pecut untuk menjadi diri yang lebih baik setidaknya selalu berprinsip “hari ini lebih baik dari hari kemarin”, minder adalah wajar dirasakan. Jika diposisikan sebagai mindset bahwa “aku begini begitu pokonya buruk” yang mewujud sebagai kerendahan diri adalah ketidakwajaran dan keanehan karena mengarah pada hidup statis bahkan degradasi yang sama sekali bukan tujuan dari manusia untuk hidup dengan sebanyak-banyaknya memetik pelajaran demi memaknai hidup untuk bahagia.

Perlu diingat, berbicara itu akan selalu nampak lebih mudah dibanding aksi. Dan yang tidak mengalami akan selalu nampak lebih mudah berkomentar. Kau tau alasannya kan?

Continue reading

Sun Goes Down

Life will give you hundred times to cry. Million ways to smile it鈥檚 worth to try. Sun goes down. Hold back all your tears and walk away. Moving on is better than you stay. Sun goes down. Sun goes down everyday.
You said you鈥檒l be fine. We fall for many times. Life goes on.. You know why. Sun goes down everyday. You learn how to live from yesterday. You took all the pain and swept away. Sun goes down. Sun goes down everyday.
(Sun Goes Down – Endah n Rhesa)

Continue reading