Semua tergantung Responmu

Kata Hukum III Newton yang udah kita kenal sejak awal-awal belajar Fisika dulu, aksi = reaksi. Yaitu ketika ada aksi maka ada reaksi, ketika ada tindakan maka akan ada respon.
Sifat respon ialah heterogen dari satu tindakan/aksi yang sama. Sebab alur pikir seseorang sebelum merespon, umumnya berdasarkan latar belakang diri menjadi karakter dirinya ini, pengalaman yang lalu, maupun motivasinya terhadap aksi tersebut.
Oleh karena itu banyak ragam orang merespon hidupnya, cara merespon hidup bisa menjadi way of life karena bisa mengakar pada mindset untuk menjalani hidup selanjutnya sebelum jasad kita rata dengan tanah.

Ada yang beranggapan hidupnya lah yang termiris ter-menyedihkan terenak termenarik dan ter- lainnya. Walaupun bisa saja benar tapi kemungkinannya sangat sangat sangat suaaangat kecil. Dari dulu saya hanya modal yakin dengan peribahasa dan realita berikut:
“di atas langit ada langit, pun di bawah tanah ada tanah”.
Makin sini makin banyak ketemu orang dengan berbagai latar belakang di berbagai kesempatan yang terduga seperti ngobrol dengan teman satu jurusan di bangku kuliah, juga di kesempatan tak terduga seperti bertemu orang lewat yang sekedar nanya jalan atau juga ngobrol sama driver Uber.
Percayalah, yang hidupnya sedemikian bukan hanya kamu atau dia, dunia ini cukup punya lahan besar karena sangat luas dan berumur panjang untuk terdapat kondisi seseorang yang demikian. Dengan kondisi dirinya itu yang dapat kita sebut pula sebagai aksi dalam hal ini, mereka yang memiliki aksi sama tersebut memiliki way of life yang beragam karena respon mereka dalam melihat dunianya beragam.

Seburuk-buruknya hari sampai diri ini menganggap hari itu adalah the worst day atau ketika diri ini menganggap tidak ada kebaikan dalam diri ini yang layak diapresiasi sehingga sampai pada penilaian tertentu tentang hidup. Percayalah jua, suangat kecil kemungkinan pikiranmu itu benar. Ingat, dalam hidup di dunia sosial begini bukan hanya diri ini yang berpikir, bukan hanya diri ini yang bisa merespon apa-apa yang diri ini lakukan. Di sini ada peran orang lain, mereka turut terkena dampak aksi kita sehingga mereka memiliki bermacam-macam respon. Respon kita terhadap hidup kita pun dapat dikategorikan sebagai aksi, yang kemudian menimbulkan respon berkelanjutan dari diri ini menjadi way of life dan menimbulkan respon orang lain sehingga sampai pada penilaian terhadap diri ini.

Untuk yang merasa diri ini ter-… bla bla yang cenderung over pun, patut ingat bahwa orang lain juga merespon akan way of life-mu yang begini. Realita menyakitkan dari hal ini, biasanya orang yang merasa dirinya over begini pencapaiannya tidak seheboh penilaian subjektifnya. Justru rata-rata orang yang merespon dirinya sebagai pribadi biasa saja yang sebenarnya menurut orang umum dia adalah orang yang wah, rata-rata pencapaiannya sangat waah. Bisa jadi karena, dia tidak terbawa respon orang lain, melainkan dia memilih merespon diri sewajaranya dan menjadikan respon orang lain sebagai spionnya.
Tidaklah perlu membesar-besarkan penilaian subjektif sendiri, yang berujung pada respon lebay karena ini aka mengantarkan pada ke-GR-an individu tersebut sendiri dan itu sungguh memalukan-_____-

Selain itu, respon heterogen bisa digolongkan menjadi respon positif dan negatif. Ingat, apa-apa yang kita lakukan akan berdampak terhadap orang lain baik secara langsung atau tidak langsung yang juga menimbulkan respon darinya.
Setiap orang punya suatu aksi unik yang dihadapi, jadi diri ini tinggal memilih mau merespon dengan cara yang bagaimana.
Seburuk-buruknya sesuatu pasti ada kebaikan di dalamnya, bahkan dari kotoran pun terdapat unsur-unsur baik. Dari sini kita belajar objektif dalam menempatakan sesuai porsi, pun dengan merespon sesuai porsi.

Advertisements

One thought on “Semua tergantung Responmu

  1. Or maybe he liқes bowling.? Lee continued.
    ?I heard someone say tht if you hear thunder, that signifies that Godd is bbowling in heaven. I wager hes actually good at it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s